5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Liburan ke Sumba

info travelling

Kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Pulau Sumba seakan jadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke sana. Bukan hanya wisatawan lokal saja yang tertarik liburan ke Pulau Sumba, wisatawasan asing pun juga banyak yang kepincut dengan keindahan pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur itu. Tak heran kalau Pulau Sumba menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia.

Beberapa tempat wisata yang terkenal di Pulau Sumba antara lain, Savana Puru Kambera, Bukit Wairinding, Pantai Walakiri, Pantai Mandorak dan Pantai Mbawana. Jika memang tertarik menyaksikan keindahan Pulau Sumba secara lebih dekat, siapkan dulu hal berikut ini supaya liburan berjalan aman dan nyaman.

1. Pilih waktu liburan yang tepat

Sebenarnya Pulau Sumba bisa dikunjungi kapan pun kamu mau. Hanya saja, kamu benar-benar harus mencari waktu yang tepat untuk mengeksplor Pulau Sumba. Misalnya saja, kalau kamu ingin melihat pemandangan padang rumput dan pepohonan yang berwarna kecoklatan, datanglah saat sedang musim kemarau seperti bulan April hingga Oktober. Nah, biar waktunya pas, segera cek jadwal dan tiket Citilink untuk menentukan waktu paling tepat liburan ke Pulau Sumba.

2. Gunakan jasa guide lokal

Setelah menentukan waktu terbaik ke Pulau Sumba, saatnya rencanakan liburanmu ke pulau indah itu. Buat kamu yang baru pertama kali ke Pulau Sumba disarankan untuk menggunakan jasa pemandu lokal. Kamu memang bisa mengandalkan cerita pengalaman orang lain yang pernah ke Pulau Sumba, tapi nyatanya mengandalkan hal itu saja tidaklah cukup. Dengan ditemani oleh pemandu wisata lokal, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat yang kamu inginkan tanpa perlu takut kesasar.

Pemandu wisata lokal juga lebih tahu medan sehingga mereka akan menunjukkan arah yang lebih aman dibandingkan hanya mengandalkan GPS. Lagipula, belum tentu sinyal provider kamu mendukung. Daripada berisiko, lebih baik untuk meminta bantuan petugas lokal.

3. Mempersiapkan kondisi fisik

Jika sudah sampai di Pulau Sumba, kamu pasti ingin mengeksplor semua tempat indah yang ada di Pulau Sumba, kan? Untuk itu, kamu membutuhkan energi yang cukup supaya bisa berkeliling Pulau Sumba dengan prima. Apalagi, kebanyakan lokasi yang ada di sana memiliki medan yang sulit dijangkau.

Misalnya saja rute menuju Pantai Mbawana, kamu harus melewati tebing-tebing terjal terlebih dahulu sebelum sampai ke Pantai Mbawana. Nah, sebelum mengeksplor keindahan Pulau Sumba, persiapkan dulu fisik kamu dengan rutin berolahraga. Olahraga ringan seperti jogging, lari, dan bersepeda bisa dijadikan cara untuk melatih stamina.

4. Siapkan pakaian yang tepat

Demi mengantisipasi perubahan cuaca yang sewaktu-waktu terjadi, siapkan pakaian yang memadai. Jangan hanya membawa pakaian tipis, tapi siapkan pula pakaian tebal seperti outer dan sweater. Selain itu, bawa juga peralatan penting seperti tabir surya dan topi biar tidak terpapar teriknya sinar matahari. Kalau mau OOTD di sana, lengkapi outfit kamu dengan kain tenun khas Sumba yang bisa dibeli langsung begitu tiba di Pulau Sumba. Dijamin penampilan kamu dengan kain khas Sumba akan membuatmu terlihat lebih keren.

5. Jaga sopan santun ketika bertemu warga lokal

Jangan lewatkan kesempatan mengunjungi kampung adat di Pulau Sumba, karena kamu bisa berinteraksi dan berkomunikasi langsung dengan penduduk setempat. Serunya mengobrol dengan warga lokal akan membuat pengalaman liburanmu di Pulau Sumba jadi lebih bermakna.

Namun, perlu diingat bahwa ke mana pun kamu pergi, kamu harus menjaga sopan santun. Terlebih saat sedang bertemu warga lokal. Sebaiknya, mintalah saran dari pemandu wisatamu mengenai hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan ketika berkunjung ke kampung adat.

Itulah lima hal yang wajib kamu perhatikan sebelum liburan ke Pulau Sumba. Jadi, kapan kamu akan ke Pulau Sumba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *