Cek Tanda Pembuahan Berhasil Sebelum Telat Haid, Apa Saja?

info kesehatan

Sebelum merencanakan kehamilan, Anda tentunya harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan badan agar kemungkinan hamil semakin besar. Setelah Anda mengetahui cara mengetahui masa ovulasi pada tubuh Anda, selanjutnya Anda perlu mengetahui apa saja tanda pembuahan berhasil sebelum telat haid.

Pendarahan Inflamasi

Waktu yang dibutuhkan oleh sperma untuk melakukan pembuahan di  dalam rahim bisa satu hari atau bahkan hingga berhari-hari, bergantung pada kemampuannya dalam menembus dinding pembatas. Jadi tanda yang ditunjukkannya pun tidak serta merta terlihat setelah proses pembuahan terjadi.

Pendarahan inflamasi atau pendarahan ringan merupakan satu tanda pembuahan berhasil sebelum telat haid. Hal ini akan terjadi 10 hingga 14 hari setelah sel telur yang berhasil dibuahi menempel pada dinding rahim. Berbeda dengan darah menstruasi yang cenderung hitam atau merah pekat dan banyak, pendarahan ini biasanya hanya berupa flek dan berwarna merah muda.

Kram Perut

Kram yang dialami ketika janin mulai tumbuh di dalam rahim ini merupakan gejala yang mirip dengan kram saat Anda sedang mengalami menstrusi, jadi banyak wanita yang mengira bahwa dirinya akan segera mendapatkan haid. Meski begitu, jenis kram ini tidak terlalu menyakitkan dan cenderung ringan.

Selain mengalami krampada perut bagian bawah, Anda pun merasakan kram pada bagian punggung yang disebabkan akibat perubahan hormon serta kontraksi berkelanjutan dari kontraksi yang ditimbulkan oleh rahim.

Namun jika intensitas rasa sakitnya meningkat dan semakin parah sebaiknya And amneghubingi dokter dan jangan minum sembarang obat karena hal tersebut bisa berdampak buruk bagi calon janin jika pembuahan sudah berhasil terjadi.

Payudara Terasa Nyeri

Selain mengalami pendarahan ringan dan kram, perubahan tubuh lainnya juga bisa Anda rasakan. Salah satunya adalah nyeri yang menyerang salah satu atau kedua sisi payudara. Payudara Anda akan terasa lebih lembut namun juga nyeri saat disentuh. Hal ini terjadi akibat perubahan kadar hormon  pada tubuh Anda setelah pembuahan terjadi.

Meningkatnya Suhu Basal tubuh

Di pagi hari, suhu basal tubuh Anda juga akan mengalami peningkatan akibat perubahan hormon progesteron. Jadi Anda sebaiknya mengukur suhu tersebut dan mencatatnya dengan teliti untuk melihat apakah tubuh mengalami perubahan suhu yang drastis. Kadar suhu tubuh setelah mengalami pembuahan biasanya berkisar antara 37,4 – 37,5o C.

Munculnya Cairan Serviks

Bagi Anda yang tidak biasa mengeluarkan cairan serviks, hal ini bisa menjadi salah satu pertanda awal terjadinya kehamilan. Walaupun serupa seperti cairan serviks biasa, namun umumnya cairan yang dikeluarkan oleh wanita hamil cenderung lebih putih dengan volume yang lebih banyak serta bertekstur licin.  

Tanda pembuahan berhasil sebelum telat haid di atas bisa Anda jadikan patokan sebelum memutuskan untuk melakukan tes kehamilan dengan test pack. Untuk mendapatkan informasi serta tips menarik lain seputar kehamilan, Anda bisa mengunjungi orami.co.id. Di sana tersedia beragam informasi mengenai kehamilan serta tips parenting melalui Orami Magazine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *