Tips Memilih Susu Formula untuk Anak Usia 1 Tahun

Pertumbuhan si kecil selain disokong oleh pemilihan konsumsi makanan yang bernutrisi, juga didukung oleh pemilihan susu formula yang tepat. Bayi sudah mulai dikenalkan dengan Makanan Pendukung ASI (MPASI) mulai usia 6 bulan. Namun ada beberapa bunda yang menunda pemberian MPASI karena ingin menyesuaikan pertumbuhan si kecil. Pemilihan susu formula sebaiknya memperhatikan kandungan nutrisi didalamnya. Karena asupan diawal pertumbuhan sangat menentukan kualitas kesehatan dan perkembangan kecerdasan si kecil kelak.

Morinaga memperkenalkan beberapa varian susu formula morinaga untuk anak 1 tahun. Formulanya disesuaikan dengan kebutuhan si kecil usia 1-3 tahun. Kandungan nutrisinya sangat lengkap, agar tumbuh kembang anak semakin optimal. Ada beberapa pilihan susu formula Morinaga yang bisa bunda pilih. Salah satunya adalah Chil Kid Soya yang diperuntukkan bagi buah hati yang alergi terhadap laktosa.

5 Kiat Memilih Susu Formula untuk Si Kecil

Secara umum ada 3 jenis susu formula yang beredar di pasaran yaitu yang terbuat dari susu sapi, susu soya, dan susu bebas laktosa. Masing-masing bayi memiliki kondisi yang berbeda, jadi pemilihan susu formula tidak bisa sembarangan. Selain itu juga disesuaikan dengan usia si kecil. Berikut ini adalah panduan yang dapat bunda gunakan untuk memilih susu formula yang tepat bagi buah hati. Diantaranya adalah:

  • Konsultasi dengan dokter

Untuk memilih susu formula yang disukai oleh si kecil ternyata gampang-gampang susah. Jika buah hati Anda tidak menyukai produk susu formula tertentu, gantilah dengan merk lainnya yang lebih disukai. Apabila bayi mengalami diare, muntah, bahkan lemas saat mengkonsumsi produk susu formula tertentu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

  • Hindari menggunakan susu kedelai

Susu kedelai sering digunakan sebagai pengganti bagi bayi yang alergi susu sapi. Namun sebaiknya hindari pemakaian susu yang berasal dari olahan kedelai kecuali seijin dokter. Biasanya bayi yang alergi terhadap susu sapi juga mengalami alergi terhadap susu kedelai. Selain itu kandungan glukosa yang terdapat pada susu kedelai dapat merusak kondisi gigi si kecil.

  • Pilih produk susu yang cocok untuk bayi

Saat membeli susu formula, pastikan produk tersebut cocok dikonsumsi oleh bayi. Lihat info yang tertera pada kemasannya mengenai usia bayi yang boleh mengkonsumsi produk tersebut. Selain itu perhatikan komposisi nutrisinya supaya tubuh kembang buah hati semakin optimal.

  • Pilih susu sapi

Dari ketiga jenis susu formula yang ada saat ini, produk yang terbuat dari susu sapi jauh lebih direkomendasikan. Namun jika si kecil mengalami kondisi alergi laktosa, pilih susu yang bebas laktosa ataupun susu soya. Ciri bayi yang alergi terhadap laktosa salah satunya adalah terkena diare. Kondisi ini harus segera dikonsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya apakah benar karena alergi atau tidak.

  • Ketahui jenis protein

Jenis protein yang harus ada pada susu formula adalah whey. Jenis protein pada susu sebenarnya ada dua yaitu whey dan casein. Namun komposisi whey harus lebih tinggi daripada casein yaitu berkisar 60:40. Whey protein merupakan komponen yang berperan penting pada tumbuh kembang bayi. 

Susu formula morinaga untuk anak 1 tahun mengandung banyak komponen penting untuk mendukung pertahanan tubuh si kecil, perkembangan, serta optimalitas kecerdasan. Produk ini memiliki 4 varian yaitu chil kid platinum, chil kid gold, chil kid soya, dan chil kid P-HP. Tidak hanya rasanya yang enak, kandungan nutrisinya juga lengkap sehingga bunda tak perlu khawatir tentang kesehatan dan tumbuh kembang buah hati.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *